Sabtu, 11 Juni 2016

MAKALAH PATOLOGI


BAB I
PENDAHULUAN

1.            PENGANTAR PATOLOGI
Patologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang penyakit, dimana meliputi pengetahuan dan pemahaman dari perubahan fungsi dan struktur pada penyakit dari tingkat molekuler sampai dengan pengaruhnya pada setiap individu. Patologi membahas penyakit dari segala segi meliputi ; sebab penyakit, sifat, perjalanan penyakit, perubahan anatomi dan fungsional yang disebabkan penyakit tersebut. Patologi mempunyai tujuan utama untuk mengidentifikasi sebab suatu penyakit, yang akhirnya akan memberikan petunjuk dasar pada program pengelolaan dan pencegahan penyakit tersebut. Selain Patologi juga dikenal istilah Patofisiologi, yaitu bagian dari ilmu Patologi yang mempelajari gangguan fungsi yang terjadi pada organisme yang sakit, yaitu meliputi asal penyakit, permulaan dan perjalanan penyakit serta akibat yang ditimbulkannya.

2.      SEJARAH PATOLOGI
Ilmu patologi, dan kedokteran pada umumnya mengalami kemajuan pesat dengan digunakannya mikroskop cahaya untuk mempelajari jaringan yang sakit yang dimulai sekitar tahun 1800. Dengan mikroskop dapat memperlihatkan adanya mikroorganisme di sekitar manusia, diamana hal ini memberi kontribusi yang besar terhadap asumsi sebelumnya sehingga menyangkal teori penyakit yang timbul secara spontan melainkan beberapa disebabkan oleh mikroorganisme patologis berupa bakteri, parasit, dan jamur.
Rudolf Virchow (1821-1902), seorang ahli patologi Jerman    mengungkapkan bahwa sel merupakan unsur terkecil yang membentuk tubuh manusia. Virchow juga mempelajari perubahan-perubahan morfologi mikroskopis sel-sel pada jaringan yang sakit dan dikaikan dengan keadaan klinik penderita, karenanya era mikroskop cahaya ini juga dikenal dengan era patologi seluler.
Perkembangan teknologi mikroskop berkembang lagi dengan ditemukannya mikroskop elektron, dimana dengan alat ini tidak hanya bisa melihat sel sebagai bagian terkecil dari unsur yang membentuk tubuh manusia, namun alat ini bisa melihat sampai dengan tingkat molekuler, yang dapat menjelaskan proses-proses secara terperinci dari fenomena perubahan-perubahan molekul-molekul penyusun masa tubuh secara morfologi dan kimiawi. Era ini dikenal dengan era patologi molekuler.
  
3.      RUANG LINGKUP PATOLOGI
1. Secara aplikasi kelimuan tersebut Patologi dibagi menjadi dua ; Patologi Klinis dan Patologi Eksperimental. 

a. Patologi klinis
Patologi klinis adalah ilmu patologi yang lebih menekankan pada tingkat penyakitnya sendiri , mempelajari lebih mendalam tentang sebab, mekanisme, dan pengaruh penyakit terhadap organ / sistem organ tubuh manusia. Ilmu Patologi Klinis memberikan kontribusi besar terhadap kedokteran klinis yaitu bidang keilmuan yang melakukan pendekatan terhadap sakitnya penderita, meliputi :pemeriksaan / penemuan klinik, diagnosis dan pengelolaan penyakit. Jadi dua disiplin ilmu tersebut tidak bisa lepas, kedokteran klinik tidak bisa dipraktekkan bila tanpa patologi, demikian juga patologi tidak berarti apapun bila tidak memberikan keuntungan di tingkat klinik.

b. Patologi Eksperimental
Patologi eksperimental merupakan suatu bidang ilmu patologi yang melakukan pengamatan atau observasi pengaruh perlakuan / manipulasi terhadap suatu sistem di laboratorium (invitro). Biasanya digunakan binatang percobaan ataupun kultur sel sebagai bahan uji. Kultur / pembiakan sel merupakan temuan menguntungkan dalam perkembangan patologi eksperimental, karena selain menghindari binatang sebagai bahan uji juga memberikan hasil mendekati keadaan sebenarnya, namun demikian uji laborat (invitro) tidak bisa membuat lingkungan fisiologis seperti dalam tubuh manusia (in vivo).

2.      Pembagian Patologi
• Histopatologi      : menemukan dan mendiagnosa penyakit dari hasil pemeriksaan jaringan.
• Sitopatologi        : menemukan dan mendiagnosis penyakit dari hasil pemeriksaan sel tubuh yang dapat diambil.
• Hematologi          :  mempelajari kelainan seluler dan berbagai komponen pembekuan darah.
• Mikrobiologi        : mempelajari penyakit infeksi dan organisme yang bertanggungjawab terhadap penyakit tersebut.
 • Imunologi            : mempelajari mekanisme pertahanan yang spesifik  dari tubuh manusia.
 • Patologi kimiawi : mempelajari dan mendiagnosis suatu penyakit dari    hasil pemeriksaan perubahan kimiawi jaringan dan cairan.
 • Genetik                : mempelajari kelainan-kelainan kromosom dan gen
 •Toksikologi           : mempelajari pengaruh racun yang diketahui atau yang dicurigai.
 •Patologi forensic  : aplikasi patologi untuk tujuan yang legal     misalnya: menemukan sebab kematian pada kondisi yang tertentu.

3.      Macam patologi
a.    Patologi Umum
         Pembagian ilmu patologi yang cakupan keilmuannya meliputi  mekanisme dan  karakteristik proses suatu penyakit (kelainankongenital, radang, tumor, degenerasi, dsb)
b.    PatologiSistematik
Pembagian ilmu patologi yang menekankan pada pengaruh penyakit tertentu terhadap organ / sistem organ (kanker,paru,radang,usus,dsb) Patologi Sistemik merupakan karakteristik suatu penyakit yang menyebar secara sistemik keseluruh tubuh.

BAB II

A.  PENGERTIAN PENYAKIT
Penyakit adalah kegagalan organisme untuk beradaptasi atau mempertahankan homeostasis. Penyakit merupakan proses fisiologik yang mengalami penyimpangan. Penyimpangan fisiologik dapat disebabkan oleh banyak faktor: agent, hipersensitivitas (alergi), genetik

  B.    BENIH PENYAKIT
·  Agent: bakteri, virus, protozoa, jamur
·  Mekanisme adaptif tubuh sendiri:
1.   Lekosit: fungsi fagositosis untuk agent, juga untuk cedera jaringan
2.  Imunitas penting untuk pertahanan, juga dapat menyebabkan alergi (hipersensitivitas)
3.  Proliferasi sel penting untuk penyembuhan sel, juga menyebabkan penyakit kanker.

        C.  KARAKTERISTIK PENYAKIT

           a. Etiologi(sebab)
    1. Etiologi suatu penyakit adalah penyebabnya sendiri, inisiator serangkaian peristiwa yang menyebabkan sakitnya penderita. 
    2. Penyakit disebabkan oleh berbagai interaksi antara host, misal: genetic dengan factor  lingkungan. 
    3. Lingkungan yang menyebabkan terjadinya penyakit disebut patogen. 
    4. Bakteri yang menyebabkan penyakit adalah bakteri patogen, sedang bakteri yang tidak 
        menyebabkan penyakit disebut non patogen.
    5. Secara umum agen penyebab sakit adalah :
     a. Kelainan genetic
   b. Agen infeksi misal : bakteri, virus, parasit danjamur
     c. Bahan kimia
     d. Radiasi
     e. Trauma mekanik
   6. Pada keadaan dimana penyebab sakit tidak terlihat jelas, misalnya primer, tidak diketahui (idiopatik), esensial, spontan atau kriptogenik (misalnya, hipertensi esensial, pneumothorak spontan, sirhosis kriptogenik).

b. Patogenesis(mekanisme)
  
Patogenesis penyakit merupakan suatu mekanisme yang menghasilkan tanda dan gejala klinis maupun   
   patologis (Patologi umum dan sistematis J.C.E Underwood).Yang termasuk dalam patogenesis penyakit:
·         Proses radang => suatu respon terhadap berbagai mikroorganisme dan berbagai jenis bahan yang merugikan menyebabkan kerusakan jaringan
·         Degenerasi => kemunduran sel atau jaringan yang merupakan respon atau kegagalan dari penyesuaian terhadap berbagai agen
·         Karsinogenesis => mekanisme dimana bahan karsinogen menyebabkan terjadinya kanker
·         Reaksi imun =>suatu efek/reaksi system imun tubuh yang tidak diinginkan.

c.Manifestasi bentuk dan fungsi


Kelainan bentuk

 Lesi-lesi yang mengisi ruang, menghancurkan, memindahkan atau menekan jaringan sehat didekatnya (misal tumor)  Penimbunan yang berlebihan atau materi abnormal dalam organ (misal amiloid) Letak jaringan yang abnormal akibat invasi, metastasis atau pertumbuhan yang abnormal. Hilangnya jaringan sehat dari permukaan (misal ulserasi) atau dari dalam organ solid (misal infark).Obstruksi aliran normal dalam saluran (misal asma, oklusi vaskuler. Ruptur dari ruang viskus (misal anuerisma, perforasi usus.

       Kelainan fungsi

Sekresi berlebihan dari produksi sel (misal mucus hidung pada influenza, hormone dengan efek yang jauh). Sekresi yang tidak mencukupi dari produk sel (misal tidak adanya insulin dalam DM) Gangguan konduksi saraf.

e. Manifestasi penyakit

Stadium klinis dimana si penderita masih berfungsi secara normal walaupun proses penyakit sudah ditemukan.  Bila proses biologis terganggu, maka penderita mulai secara subyektif merasa ada sesuatu yang tidak beres. Perasaan subyektif ini disebut gejala penyakit.Secara obyektif menyangkut penyimpangan yang dapat diidentifikasikan maka disebut tanda penyakit. Suatu perubahan struktur yang timbul dalam suatu penyakit disebut Lesi. Akibat suatu penyakit disebut Sequel. Komplikasi penyakit adalah suatu proses batu atau proses terpisah yang dapat timbul sekunder karena beberapa perubahan yang dihasilkan oleh keadaan aslinya.

f. Faktor ekstrinsik dan intrinsic penyakit

Faktor ekstrinsik yang dapat menyebabkan penyakit manusia dapat berupa agen yang menular, trauma mekanis, zat-zat kimia yang beracun, radiasi, suhu yang ekstrem, masalah gizi dan ketegangan psikologis. Umur, jenis kelamin, kelainan-kelainan yang didapat dalam penyakit sebelumnya, keadaan genetic merupakan factor intrinsic penyakit.

g.Prognosis (keluaran)

Prognosis merupakan perkiraan terhadap apa yang diketahui atau terhadap perjalanan suatu penyakit, sebagai kemungkinan yang akan dihadapi oleh penderita.

       D. PRINSIP-PRINSIP KLASIFIKASI PENYAKIT
·      Penyakit congenital (kelainan genetic/kromosom dan malformasi)
·     Penyakit radang Merupakan respon fisiologik jaringan yang hidup terhadap  rangsang yang merugikan.
·      Gangguan vaskuler Merupakan keadaan sebagai hasil dari gangguan aliran darah
·      Gangguan pertumbuhan Merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan yang abnormal
·      Rudapaksa
    Rudapaksa atau trauma dapat langsung menyebabkan penyakit, kelainan yang terjadi tergantung dari sifat dan besarnya rudapaksa.  Mekanisme perbaikan kurang efektif pada usila, malnutrisi, mobilitas tinggi, benda asing dan infeksi.
·   Gangguan metabolic dan degeneratif kelainan congenital (kesalahan metabolisme waktu lahir) dan diturunkan melalui gen yang rusak dari ortunya. Gangguan metabolic yang didapat misalnya DM, Gout. Gangguan degeneratif ditandai dengan hilangnya struktur dan fungsi jaringan.

       E. IDENTIFIKASI DAN PENYEBAB
Identifikasi sebab-sebab penyakit
Penyakit dapat disebabkan oleh factor genetic, multifactor (genetic dan lingkungan), factor lingkungan.  
Hubungan sebab suatu penyakit merupakan pertanda dari resiko untuk berkembangnya penyakit, tetapi bukan merupakan sebab actual penyakit tersebut. Misal : kanker paru lebih sering ditemukan pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok, 

F. FAKTOR – FAKTOR PENYAKIT
 
a.  Faktor Ekstrinsik Penyakit
Beberapa penyebab penting dari penyakit pada manusia adalah agen infeksi, trauma mekanis, bahan kimia beracun, radiasi, suhu yang ekstrim, masalah gizi dan stres psikologik. Walaupun faktor ekstrinsik ini merupakan pe­nyebab penting dari kesengsaraan manusia, tetapi pandangan tentang penyakit yang hanya memperhitungkan faktor-faktor ini tidaklah leng­kap. Karena penyakit sesungguhnya merupakan bagian dari hidup individu yang sakit, karena itu harus juga dipertimbangkan mekanisme respon intrinsik dari individu tersebut dan semua proses biologis yang terpengaruh oleh agen ekstrinsik tertentu.
b.      Faktor Instrinsik Penyakit
Banyak sitat dan individu yang merupakan faktor intrinsik penyakit, karena sifat-sifat ter­sebut mempunyai dampak yang penting pada perubahan berbagai keadaan pada individu. Umur, jenis kelamin, dan kelainan-kelainan yang didapatkan dari perjalanan penyakit sebelumnya adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam patogenesis penyakit. Di atas segalanya, keadaan genetik atau genom individu juga meru­pakan bagian esensial dari penyebab penyakit. Hal ini benar, sebab sifat anatomik hospes, ber­bagai macam mekanisme fisiologis kehidupan sehari-hari, dan cara memberikan respons ter­hadap cedera semuanya ditentukan oleh infor­masi genetik yang terkumpul pada saat konsepsi. Dalam mempelajari sifat biologi penyakit, maka faktor keturunan dan lingkungan selalu harus diperhatikan.

BAB IV
KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas dapat kami simpulkan bahwa patologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit yang ada dalam tubuh manusia dan ada karakteristik untuk pemeriksaan penyakit dan proses bagaimana penyakit bisa menyerang manusia karena banyak faktor juga yang mempengaruhinya baik faktor dari luar maupun dalam.














Daftar Pustaka

http://abram G.D. konsep umun penyakit, patofisiologi, konsep kklinis proses penyakit, edisi 4 penerbit buku kedokteran, 1995.html

http://uderwood J.C.E Karakteristik, Klasifikasi dan insiden Penyakit , patologi umum dan sistemik, edisi 2 penerbit buku kedokteran 1999.html

http://materi-kuliah-akper-akbid.blogspot.com/2013/03/patologi-patogenesis-dan-patofisiologi.html
Diposkan oleh dr. Suparyanto, M.Kes di 20.58
http://dr-suparyanto.blogspot.com/2010/10/pengantar-patofisiologi.html


1 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus